5 Vaksin Wajib Yang Harus Diberikan Untuk Bayi

5 Vaksin Wajib Yang Harus Diberikan Untuk Bayi

Vaksin Wajib Untuk Bayi – Menurut tenaga medis, praktisi kesehatan, produsen pompa ASI berkualitas dan pompa ASI terbaik, Imunisasi tidak hanya sebatas formalitas bagi bayi saja. Imunisasi adalah faktor yang cukup penting diberikan pada bayi sebagai bekal daya tahan tubuhnya. Ini dia vaksin wajib untuk bayi. 

  • Hepatitis B

Adalah vaksin yang diberikan pada bayi dengan tujuan mencegah penularan penyakit hepatitis B dari ibu kepada bayi saat proses persalinan. Vaksin wajib untuk bayi ini diberikan sebanyak 3 kali. Pertama saat bayi belum berusia 12 jam sebelum lahir, yang kedua saat bayi memasuki bulan pertama, dan yang ketiga adalah saat bayi berusia 3 hingga 6 bulan.

5 Vaksin Wajib Yang Harus Diberikan Untuk Bayi

  • Polio

Vaksin ini diberikan agar bayi tidak tertular penyakit polio, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus pada saluran pencernaan dan tenggorokan hingga bisa mengakibatkan kelumpuhan tangan dan kaki maupun lumpuhnya otot pernafasan sehingga bisa menyebabkan kematian. Vaksin ini diberikan sebanyak 4 kali, yaitu sebelum bayi berusia 6 bulan, pada bayi berusia 18 bulan dan 5 tahun.

5 Vaksin Wajib Yang Harus Diberikan Untuk Bayi

  • BCG

Diberikan ketika bayi berusia 2 bulan. Dengan tujuan agar bayi terhindar dari kuman tuberkulosis yang dapat menyerang paru-paru dan selaput otak sehingga bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian. 

  • Campak

Manfaat vaksin ini untuk mencegah penyakit campak berat yang dapat menyebabkan radang paru, diare, dan bisa menyerang otak. Vaksin campak diberikan 2 kali pada bayi berusia 9 dan 24 bulan. Tapi ketika sudah diberikan vaksin MMR saat bayi berusia 15 bulan, maka campak kedua tidak perlu diberikan lagi.

5 Vaksin Wajib Yang Harus Diberikan Untuk Bayi

  • Pentavalen (DPT, HB, HiB)

Vaksin gabungan ini diberikan untuk mencegah 6 penyakit sekaligus, yaitu penyakit difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, pneumonia, dan meningitis. Vaksin pentavalen ini diberikan ketika bayi berusia 2, 3, 4 dan 18 bulan. 

Baik tenaga medis, praktisi kesehatan, produsen pompa ASI berkualitas dan pompa ASI terbaik menyarankan agar vaksin dilakukan sebelum anak berusia satu tahun. Seperti vaksin polio, campak, dan DPT karena kadar antibodi anak akan turun setelah berusia satu tahun. Jadi, jangan abaikan jadwal pemberian vaksin wajib untuk bayi secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *