Apa Itu Kelainan Tongue Tie Pada Bayi?

Apa Itu Kelainan Tongue Tie Pada Bayi?

Kelainan Tongue Tie Pada Bayi – Apakah bayi kesulitan saat menyusu? Bisa jadi karena Tongue Tie. Pernahkah mendengar Tongue Tie? Kondisi ini adalah kelainan bawaan lahir pada lidah bayi, sebab frenulum yang terlalu pendek. Frenulum adalah jaringan penghubung antara dasar mulut dan juga lidah bayi. 

Pada beberapa kasus, memang kelainan ini tidak memiliki gejala dan juga tidak menimbulkan masalah apapun pada bayi, sehingga kita tak perlu mengkhawatirkan hal itu. Hanya saja, jika bayi kesulitan saat menggerakkan lidah dan sulit menyusu, maka kita harus segera berkonsultasi dengan dokter. 

Apa Itu Kelainan Tongue Tie Pada Bayi?

Umumnya, dokter anak melakukan pemeriksaan kesehatan bayi baru lahir, sehingga bisa langsung mendeteksi kondisi anak yang tongue tie. Namun tidak sedikit pula orang tua yang tidak mengetahui hal ini dan baru menyadarinya setelah bayi mengalami gejala tongue tie sebagai berikut. 

  • Kesulitan untuk menggerakkan dan mengangkat lidah. Akhirnya lidah bayi tidak melekat dengan baik saat menyusu.
  • Saat bayi menyusu, mengeluarkan suara mengecap (ckk ckk ckk) dengan sering
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk menyusu, tetapi ia tetap rewel dan terlihat lapar walau sudah menyusu dalam waktu lama. 
  • Pada ujung lidah terlihat lekukan, membuat lidah bayi terlihat seperti membentuk tanda heart.

Apa Itu Kelainan Tongue Tie Pada Bayi?

Bukan hanya membuat bayi kesulitan saat menyusu saja, ibu pun akan mengalami dampaknya karena si kecil yang tak bisa menyusu dengan benar. Salah satunya adalah puting yang akan lecet dan terasa perih ketika menyusui si buah hati. 

Ada beberapa tipe tongue tie pada bayi, sesuai dengan tingkat keparahannya, yakni sebagai berikut. 

  • Tipe 1. Bayi memiliki frenulum yang tipis dan elastis, posisinya menempel dari ujung lidah sampai tepian puncak gusinya.
  • Tipe 2. Frenulum bayi masih elastis, tetapi lebih tebal dibanding jenis tipe 1 dan frenulum menempel 2 sampai 4 mm di belakang ujung lidah bayi, sampai tepian puncak gusinya.

Apa Itu Kelainan Tongue Tie Pada Bayi?

  • Tipe 3. Kondisi frenulum bayi tebal dan juga kaku, posisinya juga menempel dari bagian tengah lidahnya sampai dasar mulut bayi.
  • Tipe 4. Terakhir, frenulum bayi posisinya dekat pangkal lidah dan membuatnya kurang jelas terlihat. 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai tongue tie, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *