Cara Mudah Menyajikan ASI Perah Dengan Pompa Asi Terbaik

Cara Mudah Menyajikan ASI Perah Dengan Pompa Asi Terbaik

Setelah proses pumping yang mudah dengan pompa ASI terbaik lalu menyimpannya dalam kulkas atau freezer, ASI perah harus disajikan pada bayi dengan cara yang sesuai. Tidak bisa asal diberikan tanpa dipanasi terlebih dahulu. Bagaimana cara menyajikan ASI perah agar zat gizinya tidak hilang? Berikut langkah mudahnya. 

  • Gunakan Prinsip Fifo (First In First Out)

Apa itu prinsip fifo? Yaitu ASI yang masuk pertama kali itulah yang dikeluarkan pertama. Jadi begini, ketika bunda selesai pumping dengan pompa ASI terbaik dan mudah, bunda langsung mengemas ASI dengan kantong ataupun botol steril. Sebelum memasukkan pada kulkas atau freezer, ada baiknya bunda memberikan tulisan tanggal pumping. Tulisan ini akan mempermudah bunda untuk mengambil stok ASI dari yang paling pertama.

Cara Mudah Menyajikan ASI Perah Dengan Pompa Asi Terbaik

  • Perhatikan Teknik Pencairan Yang Benar

Teknik pencairan ASI setelah dalam keadaan beku tidak lantas di masukkan ke dalam panci lalu dipanaskan di atas kompor. Pemanasan ASI harus dilakukan secara bertahap. Dalam keadaan masih beku, ASI diturunkan pada kulkas bagian bawah dulu. Ini penting dilakukan untuk menghindari perubahan suhu yang drastis.

Setelah mencair, baru dimasukkan dalam botol dot. Agar ASI tersaji dalam keadaan hangat, bunda bisa merendam botol dot tersebut dalam mangkuk yang berisi air panas. Ketika ASI sudah hangat-hangat kuku, baru diberikan kepada si kecil.

Cara Mudah Menyajikan ASI Perah Dengan Pompa Asi Terbaik

  • Berikan Secara Bertahap

Jangan memberi ASI langsung dalam jumlah yang banyak. Berikan secara bertahap. Misalkan 100 mili terlebih dahulu. Untuk menghindari agar bayi tidak terkena bingung puting, bunda bisa menggunakan sendok ataupun cup feeder. Efek dari bayi yang bingung puting adalah akan mengurangi produksi ASI sehingga memperpendek usia menyusui karena bayi tidak nyaman saat menyusu langsung pada ibunya.

Cara Mudah Menyajikan ASI Perah Dengan Pompa Asi Terbaik

Demikian tahapan pemberian ASI perah pada bayi. Untuk bisa mendapatkan ASI perah yang melimpah, kualitas pompa ASI juga harus diperhatikan. Bunda bisa melihat review pompa ASI manual ataupun elektrik sebagai bahan pertimbangan. Review pompa ASI manual ataupun elektrik bisa bunda dapatkan dari ibu menyusui yang pernah menggunakan pompa ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *