Ciri Anak Mengalami Growth Spurt Yang Bisa Dideteksi

Ciri Anak Mengalami Growth Spurt Yang Bisa Dideteksi

Kali ini kita akan membahas seputar ciri anak yang mengalami growth spurt. Apa sih Growth spurt itu? Bunda ada yang sudah tahu dengan istilah tersebut? Growth spurt adalah masa di mana si buah hati menjadi rewel namun menyusu lebih banyak. Dua hal ini merupakan tanda-tanda umum anak mengalami growth spurt. Sejak lahir hingga berusia satu tahun, anak akan mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pada satu waktu, anak akan mengalami growth spurt, dan Bunda tidak perlu risau akan hal ini. 

Ciri Anak Mengalami Growth Spurt Yang Bisa Dideteksi

Saat growth spurt terjadi, berat dan tinggi badan bertambah, begitu juga dengan lingkar kepala yang semakin besar. Growth spurt  terjadi saat si buah hari berusia 1 – 3 minggu, 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. 

Banyak Bunda yang salah mengartikan bahwa anaknya sakit, padahal bayi sedang dalam masa growth spurt. Lantas, apa saja ciri-ciri pada anak yang mengalami growth spurt?

  • Lebih Banyak Menyusu 

Pada masa ini, si buah hati bakalan lebih banyak menyusu untuk memenuhi nutrisinya. Ia bisa menyusu hingga 12 – 14 kali sehari, padahal biasanya hanya menyusu 8 kali sehari. 

Ciri Anak Mengalami Growth Spurt Yang Bisa Dideteksi

  • Lebih Manja Dan Rewel 

Si kecil menjadi lebih manja dan rewel. Alhasil ia ingin nempel terus pada Bunda. Kalau menangis, ingin dipeluk sesering mungkin. 

  • Perubahan Pola Tidur 

Pola tidur berubah, bahkan bisa lebih jarang tidur. Pada malam hari lebih sering terjaga dan waktu tidur siang hari berkurang. Hal ini bisa terjadi selama beberapa hari. 

Ciri Anak Mengalami Growth Spurt Yang Bisa Dideteksi

  • Pertambahan Berat Badan 

Pertambahan berat badan menjadikan anak semakin besar. Baju yang sering ia pakai menjadi kekecilan dan ketika digendong semakin berat. Melakukan penimbangan berat badan secara rutin satu bulan sekali, bisa jadi salah satu cara untuk mendeteksi adanya perubahan yang terlalu signifikan

Ketika anak berada masa growth spurt, Bunda harus menyusuinya lebih sering. Selain itu, jaga kesehatan dengan banyak minum air putih dan makanan bergizi karena itu menjadi langkah yang mudah dan hemat untuk bunda lakukan. Bunda sehat, si kecil pun demikian karena anak mengalami growth spurt sudah bisa bunda tahu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *