Ibu Harus Tahu, Makna Tangis Pada Bayi yang Sering Salah Arti

Ibu Harus Tahu, Makna Tangis Pada Bayi yang Sering Salah Arti

Makna tangis pada bayi – Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi, sebagai orangtua tentu membutuhkan pengetahuan yang cukup supaya bisa mengartikan keinginan si kecil. Makna tangis pada bayi ada macam-macam jenisnya, dan tidak sedikit orang tua yang stres karena tak bisa mengartikan dengan tepat apa keinginan si kecil. 

Berikut ini adalah beberapa jenis tangisan dan maknanya yang bisa dipelajari, semoga bisa membantu untuk lebih mengerti si kecil, ya!

Ibu Harus Tahu, Makna Tangis Pada Bayi yang Sering Salah Arti

  • Tangis lapar. Merupakan tangis yang paling sering terjadi, biasanya tangisannya lama dan susah untuk berhenti sampai akhirnya si bayi mendapatkan susu. Biasanya bayi akan menangis dengan keras, menendang-nendang ke udara dan mengisap jempol atau tangan mereka. Saat diangkat atau didekati, kepalanya akan bergerak untuk mencari puting ibu.
  • Tangis tak nyaman. Kalau yang ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan meningkat intensitasnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kondisi si kecil, apakah ada yang salah dengan kasurnya, pakaiannya atau suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Ibu Harus Tahu, Makna Tangis Pada Bayi yang Sering Salah Arti

  • Tangis lelah. Tanda bayi kelelahan dan ingin tidur adalah dengan menggosok-gosok mata, gerakan kaki dan tangan yang tak beraturan dan suara yang agak bergetar.
  • Tangis kesepian. Saat anak merasa kesepian, maka ia akan segera menangis dengan manja. Segera angkat dan goyang-goyangkan dengan lembut, atau berbaring bersama dengan bayi kecil ibu supaya ia merasakan bahwa ada ibu atau ayah di dekatnya. 

Ibu Harus Tahu, Makna Tangis Pada Bayi yang Sering Salah Arti

  • Tangis kesakitan. Anak yang kesakitan, apalagi disertai dengan rasa kaget biasanya berupa tangis yang melengking dan memekakkan telinga. Periksa jika ada sesuatu yang menyakiti si kecil.
  • Tangis karena tak sehat. Yang satu ini memang membutuhkan pengalaman, sebab orangtua pasti mengenali jika tangis anak berbeda dengan tangisnya yang biasa. Segera konsultasi ke dokter anak terdekat jika merasa ada yang tidak beres dengan kondisi bayi ibu. 

Demikian adalah beberapa macam makna tangis bayi yang sering disalahartikan. Jangan ragu untuk sering menggendong dan menimang si kecil, sebab itu adalah apa yang bayi butuhkan di masa-masa awal mereka hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *