Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

Menyusui bukan proses mudah bagi setiap ibu. Pompa ASI otomatis bisa menjadi teman terbaik selama proses mengasihi pada si buah hati. Banyak pilihan pompa ASI otomatis yang bisa Bunda pilih saat ini. Termasuk dengan adanya mastitis pada ibu menyusui, bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. 

Bunda, pasti banyak di antara kita yang mengalami masalah saat menyusui. Sebut saja terjadinya pembengkakan, munculnya benjolan, rasa nyeri hingga kulit berubah kemerahan. Nah, hal ini tidak boleh dianggap sepele sebab ini tanda-tanda gejala mastitis.

Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis merupakan kondisi peradangan yang menyebabkan infeksi pada jaringan payudara. Mastitis juga  bisa menyebabkan demam hingga 380 Celcius. Kalau sudah begini, tentu proses menyusui buah hati pun menjadi terkendala.

Saat Bunda yang tengah menyusui mengalami mastitis, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, antara lain:

  • Susui bayi sesering mungkin untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara. Bila Bunda memilih untuk memberikan sufor, maka mastitis akan semakin parah.

Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

  • Saat Bunda tidak menyusui, pompa ASI menggunakan tangan. Bila menggunakan alat, rasa nyerinya akan semakin parah.
  • Gunakan bra longgar dan nyaman berbahan katun yang mudah menyerap keringat.
  • Kompres payudara menggunakan air hangat. Tujuannya agar aliran ASI lebih lancar dan rasa nyeri pun berkurang.
  • Minum air yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.
  • Pijat lembut payudara agar aliran ASI lebih lancar.
  • Mengkonsumsi obat yang diberikan dokter. Namun pastikan obat ini tidak berefek pada si buah hati.

Mengobati Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis pada ibu menyusui merupakan hal biasa yang dialami oleh para ibu baru. Biasa terjadi karena munculnya bakteri yang masuk melalui celah pada puting susu. Hal ini bisa terjadi sejak lahir hingga satu bulan ke depannya. Apalagi bagi Bunda yang memang memiliki riwayat penyakit, maka mastitis lebih mudah menyerang.

Untuk mencegah terjadinya mastitis, Bunda harus memberikan ASI pada buah hati sebelah kiri dan kanan secara seimbang. Selain itu, pastikan Bunda tidak terhidrasi. Jadi, banyak minum air putih, ya. Tak lupa jaga kebersihan. Cuci tangan dan payudara sebelum memberikannya pada si buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *