Penyebab ADHD Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Sadari

Penyebab ADHD Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Sadari

Penyebab ADHD – Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau yang biasa disebut dengan ADHD adalah sebuah gangguan mental yang terjadi pada anak sehingga membuat mereka berperilaku impulsif dan hiperaktif. Anak dengan gangguan ADHD biasanya mengalami kesulitan untuk fokus, sulit memusatkan perhatian sehingga akan mengalami gangguan pada aktivitas sehari-harinya terutama di sekolah.

Penyebab ADHD Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Sadari

Untuk penyebab ADHD ini sendiri masih banyak diteliti. Namun para ahli menyebutkan bahwa ADHD bisa disebabkan karena faktor genetika, lingkungan, ataupun berbagai sistem saraf pusat ketika terjadi tumbuh kembang pada anak. Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan ADHD, antara lain:

  • Bayi Yang Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur rentan terkena ADHD. Untuk mencegah agar tidak terkena, ada baiknya ibu langsung memberi ASI saat bayi lahir. Jika bayi belum bisa menyusu secara langsung, ibu bisa memberikan ASI perah dengan menggunakan pompa susu berkualitas

Ibu bisa memanfaatkan pompa ASI otomatis agar ASI bisa keluar tanpa harus menyusui langsung pada bayi yang biasanya diletakkan pada inkubator. Dengan pemberian ASI perah, diharapkan bayi yang lahir prematur bisa terhindar dari ancaman ADHD.

Penyebab ADHD Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Sadari

  • Terpapar Racun

Racun yang masuk ke badan ibu hamil juga turut menyumbang risiko ADHD pada bayi yang dilahirkannya. Oleh sebab itu, biasanya dokter akan menasihati ibu agar tidak makan sembarangan ketika sedang mengandung.

  • Ibu Merokok Dan Mengkonsumsi Narkoba Saat Kehamilan

Selain paparan racun dari makanan, racun dari nikotin dan obat-obat terlarang juga beresiko meningkatkan ADHD pada anak. Sebaiknya hindari merokok dan mengkonsumsi narkoba saat sedang menjalani kehamilan. Karena selain berpengaruh negatif pada ibu hamil, juga akan mempengaruhi janin yang dikandung.

Penyebab ADHD Pada Anak Yang Perlu Orang Tua Sadari

  • Adanya Saudara Sedarah Yang Mengalami ADHD

Jika ada saudara sedarah yang terkena ADHD, maka besar kemungkinan penyebab ADHD pada anak dikarenakan oleh faktor genetika. 

Itulah 4 faktor penyebab ADHD pada anak. Untuk mencegah, tetap berikan makanan terbaik pada anak. Terutama ASI. Gunakan pompa susu berkualitas dan pompa ASI terbaik jika ibu terhalang untuk bisa menyusui secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *