Penyebab Kulit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Kulit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab kulit kuning pada bayi – Mayoritas orang tua sudah familiar dengan kondisi bayi dengan kulit kuning, dan penyakit ini menyerang bayi yang baru dilahirkan. Memang pada umumnya kondisi ini tidak akan membahayakan si kecil, dan bisa pulih sendiri. Namun, tetap saja perlu dilakukan pengawasan medis untuk memastikan jika kondisinya baik-baik saja. 

Penyakit kuning pada bayi memiliki tanda seperti urin yang warnanya kuning pekat. Seharusnya bayi yang baru lahir memiliki warna urin bening, alias tanpa warna. Selain itu tinja bayi dengan penyakit kuning berwarna pucat, serta pada telapak kaki dan tangan bayi pun agak kekuningan. 

Penyebab Kulit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Apa penyebab kulit kuning pada bayi? Hal ini disebabkan kelebihan bilirubin pada darah bayi. Sebab bayi yang baru lahir memang memiliki kadar sel darah yang lebih tinggi dan akhirnya memicu produksi bilirubin yang menyebabkan kulit menjadi kuning. Adapun bilirubin bisa terbentuk setelah sel darah merah yang tua dihancurkan di dalam tubuh. 

Menurut dokter, bilirubin telah dimiliki oleh bayi sejak mereka ada dalam rahim ibu. Tetapi di dalam kandungan ibu, plasenta menjadi sarana untuk mengeluarkan bilirubin bagi bayi dan saat ia lahir, organ hati yang belum berkembang sempurna membuatnya tak bisa mengeluarkan bilirubin. Jadilah proses pembuangannya jadi terhambat, padahal harusnya bilirubin dikeluarkan saat buang air. 

Penyebab Kulit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Adapun kondisi tersebut dikenal sebagai  penyakit kuning fisiologis. Umumnya di usia 24 jam, bayi akan terlihat mulai menguning dan empat hari kemudian semakin buruk. Namun setelah usianya satu tahun, maka bisa kembali membaik dengan sendirinya.

Walau bisa sembuh sendiri, waspadai beberapa risiko penyakit yang menyebabkan kulit bayi menguning, antara lain: 

  • Infeksi bakteri atau virus
  • Sepsis pada bayi
  • Kerusakan hati
  • Pendarahan internal
  • Terjadi gangguan pada saluran empedu
  • Sel darah merah yang tak normal, membuatnya jadi mudah rusak
  • Kekurangan jenis enzim tertentu
  • Masalah pada sistem pencernaan
  • Rhesus dan golongan darah ibu dan bayi tidak cocok

Penyebab Kulit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Maka karena itu, pastikan si kecil mendapatkan pengawasan medis yang cukup jika mengalami penyakit kuning. Jadi ke depannya sudah tahu apa yang jadi penyebab kulit kuning pada bayi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *