Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui Yang Wajib Diwaspadai

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui Yang Wajib Diwaspadai

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui – Mastitis atau pembengkakan payudara adalah mimpi buruk bagi para ibu yang sedang menyusui, biasanya terjadi pada minggu-minggu awal proses mengasihi. Walau begitu, banyak juga ibu yang mengalami hal ini setelah menyapih si buah hati. Lantas apa saja penyebab mastitis itu terjadi pada ibu menyusui?

  • Ada Celah Luka Pada Puting Ibu

Hal pertama yang bisa menyebabkan mastitis adalah celah luka pada puting, terinfeksi bakteri dan bakteri tersebut berkembang biak di payudara. Infeksi bakteri bisa menyebabkan luka yang bernanah di sekitar aerola ibu dan luka tersebut disebabkan oleh isapan bayi yang terlalu kuat, sehingga puting ibu pun terluka. 

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui Yang Wajib Diwaspadai

  • Bersentuhan Dengan Benda Yang Berbakteri

Apabila kurang higienis, seperti pakaian atau bra yang dikenakan, maka bisa jadi bakteri masuk dan berkembangbiak, serta menyebabkan mastitis. Maka karena itu, usahakan selalu mengganti bra setelah lembab atau basah, baik karena ASI yang rembes atau karena keringat. 

  • Pengulangan Mastitis

Perlu diketahui, bahwa mastitis adalah penyakit yang berulang. Jadi jika pada menyusui pertama mengalami mastitis, maka pada kedua kalinya pun akan mengalami hal yang sama. 

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui Yang Wajib Diwaspadai

  • Mengalami Anemia

Seorang ibu yang mengalami anemia, akan memiliki daya tahan yang sangat rendah sehingga membuatnya rentan terkena berbagai infeksi. Termasuk pula infeksi bakteri yang membuat payudara membengkak dan terasa nyeri luar biasa. 

  • Saluran ASI Yang Tersumbat

Apabila pemberian ASI kurang maksimal, maka saluran ASI bisa tersumbat dan hal itu menyebabkan mastitis juga. Oleh karena itu, ibu harus memaksimalkan pemberian ASI untuk si kecil dan mengedukasi diri seputar ASI supaya tidak bingung dengan kondisi bayi, maupun ibu sendiri. 

Penyebab Mastitis Pada Ibu Menyusui Yang Wajib Diwaspadai

Kondisi mastitis pada satu ibu dengan ibu lainnya bisa berbeda, baik itu penyebab maupun tingkat keparahannya. Secara umum, penyebab mastitis ringan bisa sembuh sendiri dengan menyusui si kecil, sebab dalam liur bayi terkandung antibiotik alami. Namun jika terus berlangsung, maka segera berkonsultasi dengan dokter supaya diberi perawatan lanjutan. Semangat mengasihi ya, Bu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *