Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Wajah Bayi

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Wajah Bayi

Bunda, pernah melihat bintik merah pada wajah bayi? Sudah tahu apa yang jadi penyebab munculnya bintik merah pada bayi kita ini? Hal ini adalah hal umum alias sering terjadi. Sebagai ibu baru, hal ini menjadi momok menakutkan. Padahal kita tidak perlu khawatir secara berlebih. 

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Wajah Bayi

Hal yang menyebabkan munculnya bintik merah pada wajah bayi, antara lain: 

  • Jerawat Bayi 

Biasanya hal ini muncul dengan sendirinya hingga bayi berusia empat bulan. 

  • Eksim 

Eksim disertai gatal dan nyeri sehingga kulit bayi menjadi kering. Biasanya muncul saat bayi berusa enam bulan. Seiring bertambahnya waktu, eksim bisa menjalar lebih luas. 

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Wajah Bayi

  • Biang Keringat 

Muncul dikarenakan cuaca panas. Jadi, bayi harus selalu menggunakan pakaian longgar, nyaman, dan menyerap keringat. 

Biasanya muncul pada semua bagian kulit kecuali telapak kaki dan tangan. Dapat sembuh dengan sendirinya. 

  • Campak 

Munculnya campak disertai gejala lainnya berupa demam, batuk, dan mata bengkak.

Untuk menghilangkan bintik merah ini, Bunda tidak boleh memberikan obat oles, ya. Apalagi kalau bintik merahnya muncul disebabkan oleh eksim. Yang pasti, Bunda wajib membersihkan kulit bayi dengan rutin. Pastikan perlengkapan mandinya sesuai dengan kulit si bayi. Begitu juga dengan pakaian. Sebab banyak bayi berkulit sensitif. Bila Bunda merasa khawatir setelah bayi mengalami bintik merah pada wajahnya, Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter atau pihak kesehatan lainnya. 

Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Wajah Bayi

Biasanya bintik merah pada bayi juga menghilang seiring berjalannya waktu. Tetap jaga kebersihan, berikan ASI sesuai kebutuhannya dan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Begitu juga dengan Bunda. Wajib menjaga kebersihan. Sebelum memberikan ASI, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini terkadang dianggap sepele, padahal efek ke depannya cukup banyak. 

Bila bintik merah pada wajah bayi tidak disertai gejala sakit lainnya, maka Bunda tidak perlu merasa cemas. Jadi sekarang sudah tahu kan apa yang jadi penyebab munculnya bintik merah pada buah hati kita dan bagaimana cara mengatasinya? Selamat berbahagia dengan si buah hati ya, Bund. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *