Yang Harus Dilakukan Saat Sakit Pilek Terjadi Pada Bayi

Yang Harus Dilakukan Saat Sakit Pilek Terjadi Pada Bayi

Menjadi orangtua baru adalah tantangan tersendiri, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama. Hal paling sederhana sekalipun bisa menjadi begitu membingungkan bagi para orangtua. Contohnya adalah cara mengatasi sakit pilek pada bayi. Apalagi pada bayi yang baru lahir, dibutuhkan perawatan yang lebih ekstra supaya si kecil cepat sehat kembali.

Tidak perlu panik atau buru-buru ke rumah sakit untuk meminta obat, sebab ada hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengobati pilek bayi. Apa yang harus dilakukan oleh orangtua, saat bayi mengalami pilek? 

Yang Harus Dilakukan Saat Sakit Pilek Terjadi Pada Bayi

  • Pindahkan bayi ke ruangan tanpa AC, supaya lebih hangat dan tidak mampet hidungnya. Namun jika cuaca sangat panas, tak apa bayi tetap ada di ruangan ber-AC dan gunakan pelembab udara yang ditetesi dengan aromaterapi seperti mentol.
  • Saat pilek si kecil sudah benar-benar mengganggu, encerkan ingusnya dengan setetes air garam di hidungnya, kemudian gunakan pipet khusus untuk menyedot ingus tersebut dan melapangkan saluran pernapasan.

Yang Harus Dilakukan Saat Sakit Pilek Terjadi Pada Bayi

  • Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut untuk melegakan saluran pernapasannya. Caranya dengan meletakkan si kecil di atas lutut, dengan posisi telungkup dan tepuk-tepuk lembut.
  • Saat si kecil pilek, maka hidungnya bisa mengalami iritasi dan kita bisa mengoleskan petroleum jelly pada lubang hidungnya. Jelly ini dioleskan untuk melembabkan kulitnya dan terhindar dari luka.
  • Saat hidung si kecil mengeras karena ingus atau lendir, maka bersihkan menggunakan kapas yang sudah dibasahi. Usap-usap perlahan, jangan terlalu keras menggosok karena bisa menimbulkan luka dan lecet yang bisa bikin bayi semakin rewel.
  • Apabila bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, bisa diberikan teh untuk melegakan pernapasannya. Namun jika di bawah enam bulan, cukup hanya berikan si kecil ASI saja.

Yang Harus Dilakukan Saat Sakit Pilek Terjadi Pada Bayi

Demikian adalah beberapa cara mengatasi sakit pilek pada bayi, langkah-langkah yang sangat sederhana namun memberikan efek yang luar biasa untuk anak. Lakukan dengan yakin, namun tetap hati-hati. Juga pastikan jangan sembarangan memberikan obat pada bayi, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak supaya bisa mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *